Danramil Kalikajar Berikan Wawasan Kebangsaan Dan Bela Negara Kepada Pelajar

Danramil 07 Kalikajar Kapten Czi Sarwiyono memberikan materi wawasan kebangsaan dan bela negara kepada siswa siswi SMA, SMK dan MAN Kabupaten Wonosobo di Oemah Duwur Andongsili Kecamatan Mojotengah Kabupaten Wonosobo. (15/10)

Dari Danramil 07 Kalikajar menyampaikan bahwa bela negara sangat penting untuk diketahui oleh semua warga negara khususnya generasi muda, dan tanggung jawab bela negara tidak hanya pada aparat keamanan tetapi semua rakyat sesuai dengan profesinya masing – masing, sebagai pelajar pembuktian akan adanya rasa pembelaan terhadap negara adalah cukup dengan belajar secara tekun, tidak menyontek, dan berperilaku disiplin.

Danramil juga menyampaikan bahwa empat pilar kebangsaan negara Republik Indonesia hal mutlak yang harus diketahui dan dipahami oleh peserta dalam hal ini empat pilar negara kita terdiri dari Pancasila,UUD 45, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI.

“Pancasila sebagai dasar negara, Pancasila sebagai jiwa dan kepribadian negara, Pancasila sebagai ideologi negara serta Pancasila sebagai tujuan hidup kita, UUD 45 merupakan dasar pedoman negara untuk meraih kemerdekaan, Bhineka tunggal ika merupakan semboyan negara untuk mempersatukan seluruh wilayah, suku, budaya, bahasa dan agama diseluruh wilayah negara kita, NKRI harga mati untuk setiap rakyat Indonesia untuk menjaga agar tidak terpecah belah oleh kepentingan dan ancaman dari dalam maupun dari luar,” katanya.

Dalam pemberiaan wawasan kebangsaan dan bela negara kepada siswa siswi SMA, SMK dan MAN Kabupaten Wonosobo dirinya  menekankan bahwa jika ada suatu kelompok atau ormas yang akan menganggu atau merubah dasar negara maka kewajiban kita sebagai rakyat negara republik Indonesia wajib untuk mempertahankannya, agar persatuan dan kesatuan negara tetap aman dan damai.

Kapten Czi Sarwiyono berharap setelah menerima wawasan kebangsaan dan bela negara para siswa siswi SMA, SMK dan MAN Kabupaten Wonosobo mengerti dan memahami akan pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa, untuk menjaga keamanan dan ketertiban lingkunganya, serta dalam kegiatannya sehari-hari mampu untuk mengemban tugas sebagai aparat keamanan desa dan lingkunganya.

Ia juga berpendapat bahwa setelah adanya kegiatan ini, ia beserta kawan – kawan akan lebih bersemangat lagi menunaikan tugas untuk mengamankan wilayah di desanya. “Terimakasih atas binaannya dari bapak – bapak TNI, saya berharap para anggota termasuk saya sendiri dapat terbuka hatinya dan lebih bersemangat mengerjakan tugas yang diberikan.” Ujarnya

Eko Riyanto selaku ketua peyelengara dari Kasbangpol menyampaikan bahwa pembinaan bela negara menjadi tanggung jawab semua elemen bangsa untuk itu kegiatain ini mengajak Kodim untuk bersama sama mengadakan kegiatan bela negara ini kepada generasi muda khususnya perwakilan dari SLTA yang berada di Wonosobo. Dengan harapan generasi muda ini mengerti dan memahami bahwa membela negara menjadi tanggung jawab semua warga negara. Apalagi anak sekolah calon penerus bangsa sehingga mereka mengerti akan tugas dan tanggung jawab kelak di kemudian hari.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *