Danramil 10/Semanu Cegah Penyebaran Antraks

Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul, Yogyakarta, mengklaim spora antraks saat ini masih di sekitar Dusun Grogol IV, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo.  Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul, Bambang Wisnu Broto mengatakan, pencegahan agar penyebaran penyakit tidak meluas. Selain mengambil sampel di titik sumber penyakit, pihaknya juga melakukan di daerah lain seperti pasar hewan Siyono, wilayah Kecamatan Nglipar, Semanu dan Ponjong.

Hari senin tanggal 20 Januari 2020   Pukul  08.00 – 10:00 wib ,Dokter Sigit   dari UPT Puskeswan kecamatan Semanu bersama dengan ,Danramil 10/Semanu Kapten Cpm Setiyono,Kapolsek Semanu diwakili ( Aiptu Nyoto ),Ibu Sripatmiyati Petugas ensiminator Puskeswan kecamatan Semanu, Pak Yudis dari UPT Puskeswan kecamatan Semanu dan babinsa Desa Semanu,rombongan menggelar sosialisasi tentang penyebaran bakteri antraks pada Hewan ternak ( Sapi dn Kambing ) di Pasar Hewan Dusun Munggi Pasar Desa Semanu kecamatan semanu,Kab.Gunungkidul.

Dalam sosialisasi tersebut disampaikan oleh Dokter Sigit agar para peternak dan pedagang supaya tidak merasa resah dengan kejadian luar biasa tentang Antraks di wilayah kabupaten Gunungkidul, akan tetapi wajib menjaga dan mau bekerja sama dengan Petugas Poskeswan dalam menyekat mewabahnya Bakteri Antraks dg mengindahkan semua himbauan dr Poskeswan. “Untuk mencegah Penyebaran Antraks, Ternak masyarakat harus difaksin atau  disuntik”,jelas Dokter Sigit.

 

Danramil 10/Semanu kodim 0730/Gungkidul kapten Cpm Setiyono juga menyampaikan himbauan agar setiap ada kejadian ternak sakit atau mati mendadak segera di laporkan ke petugas puskeswan terdekat supaya di tangani oleh petugas sesuai dengan prosedur. Danramil 10/Semanu juga  melarang memotong ternak tersebut apalagi sampai menjual dagingnya, Karena hal ini  dapat menyebabkan penularan Bakteri Antraks pada manusia dan lingkungan.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *