Danramil 08/Alian Hadiri Acara Halal Bi Halal

Danramil 08/Alian Kapten Cba Hari Supriyanto beserta sejumlah anggotanya menghadiri acara silaturahmi dan Halal Bi Halal bersama jajaran Forkopimcam Kecamatan Alian, Perangkat Desa se Kec. Alian dan masyarakat bertempat di Pendopo Kecamatan Alian. Selasa (11/6/19).

 

Halal Bi Halal menjadi salah satu tradisi di Indonesia yang tak pernah terlewat tiap tahunnya, terlebih kebiasaan tirin temurun ini berlangsung sesaat pelaksanaan Idul Fitri. Halal Bi Halal dapat dilakukan dengan cara berkunjung ke rumah tetangga, saudara, dan kerabat untuk saling memaafkan dan bersalam-salaman. Ada juga yang merayakan dengan mengundang segenap elemen masyarakat yang terkumpul pada suatu majlis agar tali silaturahmi tetap terpatri dengan baik.

Kegiatan ini biasa dilakukan dengan bermaaf maafan serta memanjatkan doa Halal Bi Halal. Momen Halal Bi Halal memiliki istilah bermaaf-maafan pada lebaran. Seperti halnya yang dilakukan jajaran Forkopimcam Kec. Alian dimana antara satu dengan lainnya membaur. Antara unsur pimpinan dengan warganya, antara pemerintah daerah dengan masyarakatnya dan antara Ulama dan Umara saling bermaaf-maafan.

Dalam kesempatan itu Danramil 08/Alian Kapten Cba Hari Supriyanto mengatakan “Hikmah yang digali dalam kegiatan Halal Bi Hala ini yakni saat seluruh umat Islam melaksanakan puasa wajib sebulan penuh, tak hanya menahan makan dan minum, namun yang penting bagaimana berusaha mengekang hawa nafsu sehingga dapat kita terapkan di luar ramadhan. Momentum Halal Bi Halal yang sudah berjalan sejak lama dapat kita jadikan barometer bahwa persatuan dan kesatuan akan tetap eksis tumbuh di dalam dada setiap warga masyarakat. Hal ini sangat penting untuk dipertahankan dan dilestarikan sebagai akar budaya Bangsa.” katanya.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *