Danramil 07/Sadang Hadiri Apel Siaga Satdalkar

Danramil 07/Sadang Kapten Inf Arif Ganifah beserta beberapa orang Babinsanya menghadiri undangan apel siaga Satdalkar dalam rangka mengantisipasi bahaya kebakaran hutan bertempat di obyek wisata Pentulu Indah Desa Karangsambung Kec. Karangsambung, Kamis (01/08/19).

Hadir pada kesempatan itu Administratur Utama KRPH Kedu Selatan BP. Yuda, Kepala Dinas Perhutani Kebumen IB. Lilis Kartikawati, Kapolres Kebumen di wakili oleh Kabag Ops Kompol Cipto. R, Danramil 07/Sadang Kapten Inf Arif Ganifah dan Babinsa Peltu Sugiyatman, Seluruh Asper wilayah Kedu Selatan dan seluruh LMDH wilayah Kec. Karangsambung dan Kec. Sadang serta Kec. Karanggayam

Administratur Utama KRPH Kedu Selatan, BP Yuda, kepada penerangan Kodim mengatakan, apel ini dimaksud guna meningkatkan kesiagaan, kewaspadaan dan kepedulian seluruh elemen masyarakat terhadap kemungkinan akan adanya bahaya kebakaran hutan dan lahan. Selain itu pada apel kali ini diharapkan mereka ikut serta menjaga kondisi wilayah hutan dan lahan serta menjaga keamanan hutan dari ancaman bahaya kebakaran.

”Apel Siaga Satdalkar ini dimaksudkan untuk menyamakan persepsi, langkah, tindakan serta menyatukan tekad untuk bersinergi dalam menanggulangi jika terjadi kebakaran hutan dan lahan,” ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, dalam menangani kebakaran hutan dan lahan tidak dapat dilakukan sendiri, melainkan harus dilakukan secara bersama – sama dengan bersinergis oleh semua kalangan mulai dari pemerintah pusat, provinsi, kabupaten dan kota.

“Satdalkar merupakan tanggung jawab seluruh lapisan masyarakat. Bukan hanya Perhutani, Polri, dan TNI saja namun tanggung jawab semua lapisan, karena hutan adalah titipan anak cucu kita, bukan warisan leluhur kita,” pungkas Yuda.

Usai acara apel siaga kegiatan dilanjutkan dengan demonstrasi tata cara penanganan kobaran api baik dengan alat pemadam maupun dengan cara manual. Kegiatan juga dilanjutkan dengan patroli gabungan ke hutan pinus di lereng pegunungan paras Karangsambung dan menyusuri beberapa lembah.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *