Dandim 0734/ Yogyakarta : Pemanfaatan Lahan Kosong Solusi Cerdas Di Saat Pandemi Covid 19

Masalah ketahanan pangan menjadi sangat penting sekaligus rentan bermasalah pada situasi bencana, termasuk bencana wabah penyakit seperti pandemi COVID-19. Ketahanan pangan mengindikasikan pada ketersediaan akses terhadap sumber makanan sehingga dapat memenuhi kebutuhan dasar.

Demikian juga yang dilakukan oleh Sertu Guntur anggota Kodim 0734/ Yogyakarta yang berinisiatif menanam berbagai tanaman sayur dengan memanfaatkan lahan kosong didepan rumahnya. Untuk sekedar memenuhi kebutuhan dapurnya Sertu Guntur tidak perlu lagi membeli sayur mayur karena didepan rumahnya ditanami berbagai tanaman sayur antara lain terong, tomat, sawi, timun,kacang panjang, bawang merah dan tanaman sayuran lainnya.

Dalam kesempatan ini Komandan Kodim 0734/ Yogyakarta Kolonel Arh Zaenudin S.H., M. Hum mengunjungi kebun Sertu Guntur yang kebetulan berada dilingkungan asrama Kodim 0734/ Yka. Dandim sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan Sertu Guntur ini.

“Ditengah pandemic seperti saat ini kebutuhan pangan sangatlah penting, apa yang dilakukan oleh Sertu Guntur patut ditiru oleh anggota yang lain, karena selain perumahan jadi asri tapi yang menjadi tujuan pokok yaitu terpenuhinya kebutuhan makan harian” Terang Dandim.

Lanjut Zaenudin, pemanfaatan lahan kosong yang ada disekitar kita bisa menjadi solusi cerdas dimasa pandemic seperti saat ini. Yang dibutuhkan kemauan dan keuletan untuk merubah sesuatu yang biasa saja menjadi sesuatu yang punya nilai guna dan nilai jual.

“Kalau kita lihat kebun ini, sangat menginspirasi karena selain menanam berbagai sayuran tetapi yang unik disini adalah teknik yang digunakan yaitu dengan teknik hydroponic, penataan kebun yang divariasi dengan kolam ikan sehingga menambah ke asri an lingkungan” Pungkas Zaenudin.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *