Dandim 0734/Kota Yogyakarta Ajak Masyarakat Sinau Pancasila

Komandan Kodim 0734/Kota Yogyakarta Letkol Inf Erwin Ekagita Yuana, S.I.P., M.Si menjadi narasumber dalam kegiatan “Sinau Pancasila” yang diselenggarakan oleh Bakesbangpol Kota Yogyakarta di Gedung Serba Guna Kelurahan Wirobrajan Jalan Kresno Nomor 1 Kemantren Wirobrajan Kota Yogyakarta. Rabu, 9/6/2021.

Sebelum menyampaikan materi, orang nomor satu di Kodim 0734/Kota Yogyakarta yang juga sebagai Wakil Ketua Satgas Covid-19 Kota Yogyakarta menyampaikan pentingnya menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari agar terhindar dari segala macam penyakit terutama Covid-19 yang sampai saat ini belum usai.

Masuk pada acara inti Komandan Kodim 0734/Kota Yogyakarta sebagi narasumber menyampaikan materi tentang Pancasila Sebagai Jalan Hidup Bangsa Indonesia.

“Setiap Ideologi punya kelebihan dan kekurangan, dimana tidak dapat diterapkan pada semua Negara tergantung nilai-nilai luhur yang dianut setiap Negara, Di Indonesia Ideologi yang paling cocok adalah Idiologi Pancasila karena sesuai dengan karakter Bangsa Indonesia,” ucap Dandim.

Pancasila merupakan pandangan hidup Bangsa dalam nuansa struktural dan kultural tetap bisa dipertahankan. Yang terpenting adalah bagaimana bersatu dalam perbedaan berbudaya mengawal NKRI.

Tidak ada satu Ideologi yang benar di Indonesia selain Pancasila, tidak ada satu dasar Negara yang cocok di Indonesia selain Pancasila, tidak ada satu pandangan hidup Bangsa yang tepat di Indonesia selain Pancasila, tegasnya.

Lebih lanjut kata Dandim, Kota Yogyakarta adalah Kota Sejarah, Kota Pendidikan dan Kota Budaya. Bahkan Kota Yogyakata bisa dibilang miniaturnya Indonesia. Jangan pernah dirusak oleh siapun juga hanya karena adanya perbedaan.

“Belajarlah seperti pelangi yang justru indah karena perbedaan, jadilah seperti taman yang mampu menunjukkan kebersamaan ditengah keberagaman”, pungkas Dandim.

Kegiatan tersebut dihadiri Fx. Wisnu Sabdono Putro, S.H (Komisi A DPRD Kota Yogyakarta), Budi Santosa, S. S.TP., M.Si (Kepala Bakesbangpol Kota Yogyakarta), Drs. Baskara, M.Si (Kabid Kesbang Bakesbangpol Kota Yogyakarta), Laksmi Prahani A, S.Sos (Kasubid Ideologi Wawasan Kebangsaan, Ketahanan Ekonomi, Sosbud dan Agama Bakesbangpol Kota Yogyakarta), Diasma Sandi Swandaru, S.Sos., M.H (PSP UGM Yogyakarta), Sarwanto, S.I.P., M.M (Mantri Pamong Praja Wirobrajan Kota Yogyakarta), Sri Suwardani, S.Sos (Lurah Wirobrajan Kemantren Wirobrajan Kota Yogyakarta), Babinsa dan Bhabinkamtibmas Kelurahan Wirobrajan Kemantren Wirobrajan Kota Yogyakarta dan Tokoh Masyarakat se-Kelurahan Wirobrajan Kota Yogyakarta.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *