Dandim 0709/Kebumen Tarling Bareng jajaran FKPD dan Masyarakat Panjer

Dandim 0709/Kebumen Letkol Inf Zamril Philiang beserta jajaran Forkopimda menggelar acara sholat Isya dan Tarawih keliling serta acara silaturahmi bersama masyarakat di Masjid Al Huda Kelurahan Panjer RT 01/03/ Kec. Kebumen Kab. Kebumen. Jumat malam (17/05/19).

Kegiatan Tarawih keliling dan silaturahmi (Tarhim) ini atas penyelenggara Kodim 0709/Kebumen dengan dipimpin imam sholat tarawih Kasi Bimas Kemenag Kab. Kebumen KH. Drs. Khamid., M., Pdi yang diikuti sedikitnya 350 orang terdiri dari anggota Kodim, masyarakat Panjer dan anggota Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXIX Dim 0709/Kebumen.

Usai pelaksanaan sholat Isya dan Tarawih acara dilanjutkan dengan beberapa rangkaian kegiatan seperti sambutan para Forkopimda yang dilanjutkan dengan penyerahan bantuan sodakoh bagi tamir masjid dan pembangunan Masjid Al Huda itu sendiri. Dalam sambutannya Dandim 0709/Kebumen Letkol Inf Zamril Philiang, mengatakan ,”Puji syukur alhamdulillah kita panjatkan kepada Allah SWT karena pada malam hari ini kita bisa melaksanakan ibadah Sholat Tarawih dan semua masih dalam keadaan sehat walafiat serta dalam lindungan Allah SWT sehingga kita semua bisa hadir mengikuti Tarling di Masjid Alhuda Kelurahan Panjer Kec/Kab Kebumen ini dengan penuh kelancaran.

Malam ini kita secara bersama-sama melaksanakan  kegiatan Tarling bersama jajaran Pemkab Kebumen, yang seharusnya dilaksanakan di Markas Kodim 0709/Kbm, namun Mushola Kodim 0709/Kbm tidak bisa menampung jamaah sebanyak ini, maka kami berkoordinasi dengan Tamir Masjid Al Huda untuk pelaksanaan Tarling ini di sini Masjid Al Huda.

Semoga masjid ini bisa segera selesai dalam pembangunannya dan harapanya pada waktu Sholat Idul Fitri nanti masjid sudah bisa kita gunakan. Dan saya berdoa serta kita harus yakin bahwa masjid ini akan selesai pembangunannya serta mendapatkan donatur dari berbagai kalangan. Terimakasih kepada Bapak Bupati Kebumen dan segenap jajaran Forkompinda Kab. Kebumen, para kepala OPD jajaran Pemkab Kebumen serta seluruh hadirin jamaah Sholat Isya dan Tarawih ini yang berjalan dengan hikmat dan lancar.” katanya.

Pada kesempatan yang sama Bupati Kebumen KH. Yazid Mahfudz turut memberikan sambutannya dan ia mengatakan, “ Alhamdulillah pada malam hari ini kita melaksanakan Tarling di Masjid Al Huda Kelurahan Panjer yang notabenya penduduk Kelurahan Panjer ini paling banyak sekira 12 ribu jiwa, Kelurahan Panjer sebagai tolak ukur Kab Kebumen kalau Panjer Aman insya Allah Kab. Kebumen akan aman dan tentram.

Terimakasih kepada seluruh masyarakat Kab Kebumen yang telah mendukung pelaksanaan Pemilu dengan aman kondusif. Saya waktu kunjungan Bpk Waaster di Masjid Al Huda ini,  saya sambutan dan janji pemerintah Kab. kebumen akan memberikan bantuan untuk pembangunan Masjid Al Huda untuk itu diujung acara ini akan kami serahkan bantuan tersebut. Pada bulan April telah kita ketahui bersma bahwa telah dilantik Wakil Bupati Kebumen yang baru yakni Bpk H. Arif Sugiyanto, S.H beliau juga warga Panjer tapi Panjer sebelah timur, dan beliau tidak bisa hadir secara pribadi karan ada sesuatu dan lain hal maka saya mewakili beliau menyampaikan permohonan maafnya tidak bisa hadir mendampingi kegiatan ini.

Dalam waktu dekat kita umat islam akan memperingati hari raya idul fitri yang jatuh pada tahun 1440 Hijriah, kita perlu mewaspadai kemungkinan adanya tindakan oknum-oknum tidak yang bertanggungjawab. Termasuk tindakan kriminal seperti pencurian, pencopetan, penipuan, penghipnotisan, dan berbagai tindak kejahatan lainnya selain itu, dilain sisi juga sebagaimana pengalaman yang lalu, akan terjadi peningkatan volume kendaraan, karena saudara-saudara kita yang dari rantau pada pulang kampung. Tentu hal ini perlu antisipasi dari aparat keamanan dan saya berharap sekaligus percaya, jajaran Kodim 0709 Kebumen bersama instansi terkait telah mempersiapkan diri dengan baik untuk masalah ini.” Ujar Bupati.

Pada kesempatan yang sama Kepala Kemenag  Kab. Kebumen H. Panut., S., Pd. MM menyampaikan terkait program Kemenag Kab. Kebumen yakni Program yang di rencanakan oleh Kemenag Kab Kebumen adalah kebijakan ibadah haji tahun ini jumlah pemberangkatannya sekitar 1.034 orang jamaah, tahun ini tidak seperti tahun lalu, tahun ini ada program Zonasi, untuk Jamaah Haji Kab Kebumen yakni mendapat kloter 19 dan 20. Hal lain un diungkapkan Panut, bahwa, “ada dua yang harus kita capai dalam program kedepan Kebumen beriman di antara salah satunya adalah program pendidikan formal dan non formal seperti pendidikan Ponpes di Wilayah Kab Kebumen, serta dari Kasi Binwil Kemenag akan aktif dalam penyuluhan/bimbingan terhadap para calon pengantin, harapanya pembinaan untuk meminimalisir perceraian yang pada saat ini, masih sangat tinggi tingkatannya.

Usai beberapa rangkaian acara Tarling Bupati Kebumen KH. Yazid Mahfuz yang didampingi jajaran Forkopimda Kab. Kebumen berkenan memberikan bantuan untuk pembangunan Masjid Al Huda Panjer yang langsung diserahkan kepada Tamir Masjid H. Sukiman, MM.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *