Dandim 0709/Kebumen Hadiri Lomba Masak Ikan

Masih dalam rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 dan Hari Jadi Kabupaten Kebumen yang ke-390, Dandim 0709/Kebumen Letkol Inf Zamril Philiang menhadiri acara lomba masak yang diselnggarakan Pemerintah Kabupaten Kebumen yang berbahan baku ikan air. Peserta lomba merupakan perwakilan dari 26 kecamatan dan satu sekolah SMK di Kab. Kebumen, acara tersebut digelar di Alun-alun, Sabtu (31/08).

Dandim beserta Bupati melihat langsung kegiatan lomba itu dan para peserta dituntut untuk bisa menyuguhkan sajian makanan yang tidak hanya bisa dinikmati, tetapi juga cepat, tepat, sehat, bergizi dan mudah. Dandim sempat berkata “ajang lomba ini kita diajak untuk meningkatkan budaya konsumsi ikan yang telah diakui manfaatnya bagi kesehatan dan kecerdasan oleh para ahli gizi.

Ajang lomba ini disesuaikan dengan tema peringatan HUT ke-74 Republik Indonesia yakni SDM Unggul, Indonesia Maju. Dengan mengkonsumsi ikan, pihaknya berharap anak-anak akan lebih cerdas, dan aktif. Karena di dalam ikan juga terdapat protein asam lemak omega 3 yang bisa mengembangkan kreativitas dan kecerdasan perkembangan anak.

 

Masyarakat Kebumen, lanjut Yazid, cenderung lebih senang makan komoditas tempe dibanding ikan. Padahal sejatinya protein yang terkandung di tahu dan tempe masih kalah jika dibandingkan dengan ikan. Ikan merupakan produk yang sangat penting bagi perkembangan otak. Sehingga, menjadi tantangan bersama untuk memasyarakatkan ikan di kalangan keluarga.

Di samping kalah populer dengan tempe dan tahu, menurut Yazid angka konsumsi ikan di Kabupaten Kebumen juga masih tergolong rendah. Hal itu dikarenakan oleh kurangnya pengetahuan masyarakat tentang manfaat konsumsi ikan dan cara mengolah atau memasaknya.

Sementara itu dari hasil penilaian tim juri, juara 1 lomba masak berbahan baku ikan diraih oleh perwakilan Kecamatan Adimulyo mendapat uang pembinaan sebesar Rp 1,75 juta. Juara 2 diraih oleh Kecamatan Sruweng mendapatkan 2 Rp 1,5 juta dan juara 3 diraih oleh Kecamatan Gombong mendapatkan Rp 1 juta.

Juara harapan 1 diraih oleh Kecamatan Sempor mendapakan uang pembinaan Rp 500 ribu, juara harapan 2 diraih oleh Kecamatan Kebumen mendapatkan Rp 400 ribu dan untuk juara harapan 3 diraih oleh Kecamatan Ambal dengan uang pembinaan Rp 300 ribu.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *