Dampingi Tim ODF Propinsi, Babinsa Koramil 08/Alian Stop BAB sembarangan

KODIM 0709/KEBUMEN, Babinsa Koramil 08/Alian Serka Nanang Ustajib bersama jajaran Forkopincam Alian dan para Petugas Dinas  kesehatan lingkungan Kecamatan Alian melaksanakan sosialisasi program Open Defecation Free (ODF) kepada warga Desa Sawangan, Kecamatan Alian, Kabupaten Kebumen Kamis (5/11/20).

Desa Sawangan merupakan desa yang diprioritaskan oleh Dinas Kesehatan lingkungan Kecamatan Alian sebagai sasaran Open Defecation Free (ODF) atau buang air besar sembarangan. Selama ini masih ada warga Desa Sawangan yang buang air besar sembarangan sehinga ini harus menjadi perhatian kita bersama sehinga warga dapat hidup dengan sehat.

Dalam kesempatan tersebut Babinsa Serka Nanang memberikan masukan perlunya kebersamaan dan komunikasi yang baik untuk mewujudkan suksesnya program ODF tersebut, Babinsa menegaskan, Buang Air Besar (BAB) sembarangan dapat mendatangkan masalah kesehatan dan media timbulnya bibit penyakit, seperti diare, muntaber, disentri, cacingan dan gatal-gatal, selain itu juga dapat menimbulkan pencemaran lingkungan pada sumber air dan bau tidak sedap serta menggangu lingkungan sekitar.

Babinsa Serka Nanang juga berharap kesadaran warga untuk stop Buang Air Besar sembarangan agar masyarakat di Desa Sawangan dapat terhindar dari berbagai ancaman penyakit yang ditimbulkan dari kebiasaan jorok tersebut. “mari kita kendalikan diri dengan membiasakan pola hidup bersih dan sehat serta sadar akan membiasakan Buang Air Besar pada jamban yang sehat.” ucap Nanang.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *