CPNS dibekali Wawasan Kebangsaan

CPNS Kabupatan Wonosobo yang kemarin mendapatkan SK pengangkatan sebelum terjun ke tempat tugas saat ini dibekali dengan berbagai macam ilmu. Salah satunya adalah dengan dibekali Wawasan Kebangsaan. (13/1)

Kapten Inf Iwan Nafarin dari Kodim 0707/Wonosobo yang merupakan salah satu narasumber memberikan materi wawasan kebangsaan dengan tema “Wawasan Kebangsaan demi keutuhan NKRI” bertempat di SMPN 2 Wonosobo.

Dalam materinya Kapten Inf Iwan Nafarin menyampaikan bahwa bangsa Indonesia merupakan merdeka bukan warisan dari para penjajah akan tetapi melalui proses yang sangat panjang mulai dari masa kerajaan Sriwijaya, Majapahit sampai dengan masa penjajahan.  Sudah sangat banyak pengorbanan yang dilakukan oleh para pahlawan.  Mereka mengorbankan jiwa dan raganya hanya untuk mendirikan sebuah negara yaitu Indonesia.

Bangsa Indonesia dikarunia sebuah wilayah yang sangat luas, jumlah penduduk yang banyak, kaya akan hasil alamnya, jumlah suku bangsa yang sangat beragam.   Laut yang luas dengan kandungan didalamnya begitu melimpah isinya.  Itu semua membuat banyak negara yang ingin kembali menguasai bangsa Indonesia.  Itu semua harus dipahami setiap warga negara bahwa tugas kita adalah untuk mempertahankan Negara Kesatuan Rebuplik Indonesia ini untuk diserahkan kepada anak cucu kita.

Tugas mempertahankan adalah tugas yang berat. Pada umumnya merebut itu lebih mudah dari pada mempertahankan. Sebab mempertahankan tidak ada jangka waktu, musuhnya tidak kelihatan. Setiap saat selalu muncul lagi upaya yang ingin menguasai bangsa Indonesia.  Untuk itu sebagai calon abdi negara harus bisa menjadi pelopor di daerahnya agar bersama – sama mengajak masyarakat selalu berupaya mempertahankan kemerdekaan ini.

Kapten Inf Iwan Nafarin mengingatkan kondisi nyata saat ini adalah dikalangan generasi muda mulai melunturnya rasa nasionalisme dan patriotisme.  Itu dapat kita lihat dengan mudah salah satunya adalah banyak anak muda yang tidak hafal Pancasila, tidak mau menghormati lagi lambang – lambang negara seperti bendera merah putih, lagu kebangsaan. Dan sebagainya.

Solusi yang ditawarkan adalah mengajak kepada kita semua khususnya generasi muda untuk kembali membangun karekter bangsa. Karakter yang  harus dimiliki adalah rasa Saling menghormati dan menghargaiRasa kebersamaan dan tolong menolongRasa kesatuan dan persatuan  Rasa peduli dalam bermasyarakat berbangsa dan negara Adanya moral dan akhlak dan di landasi nilai-nilai agama Prilaku dan sifat-sifat kejiwaan dan saling menghormati dan menguntungkan. Kelakuan dan tingkah laku menggambarkan nilai-nilai agama, hukum, dan budaya  Sikap dan prilaku menggambarkan nilai-nilai kebangsaan

Pendim0707

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *