Cegah HamaWalang Sangit, Babinsa Koramil 04/Karanganyar Dampingi Penyemprotan

Penyemprotan pestisida merupakan suatu cara yang ditempuh untuk mengendalikan serangan Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) baik itu berupa hama ataupun penyakit agar tidak terjadi kerusakan yang berlebihan pada tanaman sehingga target produksi dari tanaman yang dibudidayakan bisa tercapai sesuai dengan yang di inginkan.

 

Seperti yang dilakukan Babinsa Desa Sidomulyo Koramil 04/Karanganyar Serma Sularso saat melaksanakan pendampingan kegiatan penyemprotan Hama Walang Sangit di areal pertanian padi bersama PPL Pertanian Karanganyar dan Poktan Murakabi Desa Sidomulyo Kec. Karanganyar, Selasa (19/01/2021).

 

Dilangsir saat mendampingi penyemprotan Serma Sularso menuturkan “Permasalahan yang sering dihadapi oleh Petani salah satunya adalah organisme pengganggu tanaman yang dikenal sebagai hama tanaman, dan penyakit tanaman seperti hama walang sangit. Organisme pengganggu tanaman tersebut dapat merugikan Petani, karena dapat mengganggu tanaman dari sejak pembenihan hingga pemanenan tanaman”, tutur Serma Sularso.

 

“Penyemprotan pada tanaman padi yang dilakukan ini merupakan kegiatan dalam budidaya tanaman padi yang bertujuan untuk memberikan asupan unsur hara mikro dan untuk mengendalikan hama dan penyakit”.

 

“Saya mengajak para Petani untuk selalu melakukan perawatan, dengan penyemprotan secara serentak dan bersama-sama, maka hama-hama tersebut akan hilang dan tidak akan bermigrasi ketempat lain. Kita berharap dengan kegiatan ini padi akan selalu tumbuh sehat dan menghasilkan panen padi yang memuaskan serta hasil yang maksimal seperti yang kita harapkan dalam mendukung swasembada pangan yang diprogramkan oleh pemerintah,” pungkas Serma Sularso.

 

Ketua Poktan Murakabi Desa Sidomulyo Bpk. Sukino mengucapkan terimakasih kepada Babinsa dan PPL Pertanian Kec. Karanganyar yang telah banyak mendampingi kegiatan pertanian di Desa Sidomulyo. Dengan adanya pendampingan memberikan efek yang positif bagi para Petani lebih giat dan termotifasi untuk melakukan perawatan demi suksesnya swasembada pangan di wilayah Kec. Karanganyar.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *