Berikan Dorongan Semangat Petani, Babinsa Bantu Panen Petani

Babinsa Koramil 06/Sruweng Kopda Mohammad Paodji melaksanakan panen padi bersama anggota Poktan Tani Makmur Desa Karangjambu Kecamatan Sruweng. Kab. Kebumen. Sabtu (07/09/19).

 

Kegiatan ini dilaksanakan Babinsa guna lebih akrab dengan masyarakat desa binaan dan lebih terjalin silaturahmi sambil membantu menyelesaikan panen. Nampak ada rasa kecewa diwajah para petani pada panen kali ini. Hasil yang didapat cukup memprihatinkan, lantaran keterbatasan air untuk lahan sawah di Desa Karangjambu khususnya. Kondisi ini langsung dipahami Kopda Mohammad Paodji saat pendampingan panen berlangsung, karena hasilnya tidak begitu baik.

 

“Ini semua dikarenakan kurangnya pasokan air ke lahan persawahan petani. Lantaran kemarau yang cukup panjang, sehingga untuk air akan lebih sulit didapat. Kesulitan ini sudah kita upayakan dengan Dinas Pertanian dan Dinas Pengairan Kabupaten Kebumen. Akan tetapi jawaban dari mereka, bahwa untuk Waduk Sempor sudah tidak bisa mengaliri sawah lagi karena kurangnya tandon air yang ada di waduk tersebut. Harapan kita semoga hujan akan segera turun dan petani bisa kembali mengolah sawah.” ujar Babinsa.

 

Berkurangnya pasokan air berdampak buruk bagi petani, sehingga tidak bisa melanjutkan tanam MT 3, namun demikian para petani pun tidak putus asa mereka langsung memanfaatkan lahan dengan menanam kacang ijo.

 

“Saya tanam kacang ijo karena kalau musim seperti ini cocok dan kacang ijo akan bisa tumbuh dengan baik. Ini alternatif kita dan kita juga berupaya untuk merawat tanaman itu sebaik mungkin agar hasilnya dapat kita jual kepasar sebagai pengobat kekecewaan hasil panen sekarang,” ujar warga Karangjambu Rochmat

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *