Bentuk Jiwa Disiplin Kompak Dan Bersatu, Babinsa Latih PBB

Babinsa Koramil 19/ Kuwarasan Serda Slamet S melaksanakan giat pembinaan Pramuka kepada sejumlah siswa siswi SMP Negeri 1 Kuwarasan di halaman sekolah SMP Negeri 1 Kuwarasan Kab Kebumen, Sabtu (15/02/2020).

Serda Slamet mengatakan, PBB merupakan suatu wujud fisik yang diperlukan untuk menanamkan kebiasaan tata cara hidup yang diarahkan pada terbentuknya perwatakan tertentu.

Tujuan dari pelatihan PBB adalah menumbuhkan sikap jasmani yang tegap dan tangkas, rasa persatuan, disiplin sehingga dengan demikian senantiasa dapat mengutamakan kepentingan tugas diatas kepentingan individu, dan secara tak langsung juga menanamkan rasa tanggung jawab.

Menumbuhkan adalah mengarahkan pertumbuhan tubuh yang diperlukan untuk tugas pokok tersebut sampai dengan sempurna sedangkan rasa persatuan adalah rasa senasib sepenanggungan serta adanya ikatan batin yang sangat diperlukan dalam menjalankan tugas.

Sementara disiplin adalah mengutamakan kepentingan tugas diatas kepentingan individu yang hakikatnya tidak lain dari pada keihklasan, menyisihkan pilihan hati sendiri.

Dalam kegiatan tersebut, Serda Slamet memberikan teori dan juga praktek PBB. Dalam latihan baris berbaris diperlukan kekompakan dan konsentrasi sehingga materi baris berbaris dapat diserap dengan cepat.

“Tanpa keseriusan, kekompakan dan semangat, baris berbaris akan terlihat jelek karena kunci keindahan PBB adalah semangat dan kompak, ” kata Babinsa disela-sela latihan.

Slamet menambahkan, sepanjang melaksanakan latihan baris berbaris, ia melihat para siswa begitu bersemangat. Hal ini mencerminkan bahwa mereka terbiasa dengan disiplin yang tinggi, selain itu kegiatan ini juga sebagai bentuk persiapan Lomba PBB tingkat Kabupaten, “tandas Babinsa.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *