Bati Komsos Hadiri Sosialisasi Dan Pembentukan Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat (TP-KJM) Tingkat Kecamatan Banyuurip

Purworejo – Dalam Rangka meningkatkan tingkat kesehatan jiwa masyarakat dan peningkatan pelaksanaan kerjasama antar Dinas/Instansi/Lembaga di bidang promosi, preventif, kuratif dan rehabilitasi pasien gangguan mental pada khususnya serta mengurangi dampaknya terhadap kesejahteraan masyarakat, Bati komsos Koramil 04/Banyuurip, Kodim 0708/Purworejo, Pelda Ngudiyono menghadiri Sosialisasi dan Pembentukan Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat (TP-KJM) Tingkat Kecamatan Banyuurip yang dilaksanakan di aula kantor Kecamatan Banyuurip, Kabupaten Purworejo, Kamis (09/05/2019).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Perwakilan DKK Purworejo Dr. Ika Indarsari, M. Kes, Camat Banyuurip Triwahyuni Wulansari, AP, MAP, Sekcam Banyuurip Siswantoro Dwi Nugroho, S. STP , Danramil 04/Banyuurip diwakili Pelda Ngudiyono, Kapolsek Banyuurip diwakili Aiptu Bambang Ahmadi, Kepala KUA Banyuurip Dadan, Kepala UPT Puskesmas Banyuurip dan Kepala UPT Puskesmas Seborokrapyak dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Acara sosialisasi ini dibuka oleh Camat Banyuurip Triwahyuni Wulansari, AP, MAP. Dalam sambutannya beliau mengharapkan dengan dibentuknya Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat (TP-KJM) ini diharapkan penanganan orang gila yang semula ditangani sendiri-sendiri bisa ditangani bersama-sama dengan tim.

“Tugas daripada TP-KJM ini adalah mengindentifikasi, mengklarifikasi dan memetakan permasalahan kesehatan masyarakat dalam rangka merumuskan kebijksanaan umum tingkat kecamatan,” tutur Triwahyuni Wulansari.

Masih lanjut Camat, tugas lainnya yaitu menentukan mekanisme koordinasi dan kebijakan operasional tingkat kecamatan, menyusun program kerja tahunan, jangka menengah dan jangka panjang bersama dengan penyusunan anggaran, melakukan pembinaan, monitoring dan evaluasi pelaksanaan program kesehatan jiwa masyarakat, membentuk sekretariat Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat Kecamatan Banyuurip serta melaporkan hasil pelaksanaan tugas Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat kepada Camat.

“Semoga dengan adanya Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat (TP-KJM) di Kecamatan Banyuurip, bisa mendukung program Pemerintah Purworejo bebas pasung,” pungkasnya.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *