Babinsa Wonosobo Membantu Mendaud Padi

Anggota Koramil 01 Wonosobo Pelda Lilik Gunarso melaksanakan pendampingan berupa daut bibit padi untuk siap tanam milik Sofyan jenis padi Ciherang luas lahan 1000 meter Dusun Kejiwan Kabupaten Wonosobo.(07/10).

 

Pelda Lilik mengatakan bahwa, upaya yang dilakukan Babinsa ini dengan tujuan memberikan semangat petani. Disamping itu, juga untuk membantu dan mendorong petani untuk melaksanakan percepatan masa tanam.

 

Menurutnya, untuk mendorong percepatan tanam musim ini. Pihaknya terjun langsung ke sawah dengan cara membantu petani melaksanakan daud atau memcabut benih padi yang sudah siap tanam.

 

Disela-sela daud benih padi, juga digunakan Pelda Lilik Gunarso sebagai sarana Komsos dengan masyarakat untuk membangun kemanunggalan Babinsa dengan petani. Diharapkan dengan kemanunggalan Babinsa dengan petani akan berdampak besar terhadap peningkatan kualitas dan kuantitas hasil panen kelak.

 

“Hal ini selain membantu petani dan mendorong percepatan tanam, juga digunakan sebagai sarana komsos dengan warga masyarakat,” tandasnya.

 

Kegiatan Daud atau Ndaut yaitu mencabut bibit padi dari persemaian yang sudah siap tanam.Ndaut ini dikerjakan setelah lahan siap dan umur bibit dirasa cukup. “Petani terbiasa mempersiapkan bibit padi beberapa saat sebelumnya, sehingga ketika pengerjaan lahan selesai, bisa langsung “ndaut” untuk segera tanam, “ujar Pelda Lilik Gunarso.

 

Sofyan mengucapkan banyak terimakasih terhadap Pelda Llilik Gunarso dan rekannya selaku Babinsa karena sudah meluangkan banyak waktu unrtuk mendampinginya  dalam Ndaud padi tanpa kenal lelah. Bagi Serka Jati kegiatan membantu petani merupakan tugas sebagai tindak lanjut dari MoU Menteri Pertanian dengan TNI tentang program Ketahanan Swasembada Pangan, Dengan demikian Babinsa memiliki kewajiban memberikan pendampingan kepada petani di wilayah masing-masing.

 

Diharapan dari kegiatan ini para Babinsa dapat mempelopori para petani di desa binaanya agar percepatan tanam kembali dapat dilakukan dengan baik dan cepat untuk mendukung program ketahanan pangan. Dengan terpenuhinya kebutuhan pangan masyarakat, maka masyarakat akan memperoleh hidup yang tenang dan akan lebih mampu berperan dalam pembangunaan.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *