Babinsa Turun Sawah Bantu Petani Bersihkan Tanaman Pengganggu

Matun adalah sebuah istilah yang sering digunakan oleh petani di Jawa Tengah, yang dalam artiannya yaitu membersihkan jenis tumbuhan pengganggu tanaman inti yang sering sebut dengan gulma.

Babinsa Koramil 14/Purwodadi Serda Halim membantu kegiatan petani membersihkan gulma atau tanaman pengganggu di lahan milik Sutarno salah satu anggita Poktan Maju Tani Desa Jatikontal Kecamatan Purwodadi.

Kegiatan pendampingan petani seperti ini menjadi bagian dari rutinitas di samping tetap melaksanakan tugas pokoknya. ”Kita manfaatkan waktu yang ada untuk memaksimalkan pendampingan, diharapkan dengan intensifnya kita turun kesawah akan memberikan motifasi tersendiri kepada para petani” kata Halim.

Sementara itu secara terpisah, Menurut Danramil 14/Purwodadi Kapten Inf H. Abdul Haris Nasution, selalu memberikan penekanan dan perintah kepada seluruh Babinsanya agar selalu aktif dan giat turun kesawah untuk melaksanakan pendampingan kepada petani.

“Saat ini sebagian besar petani sudah selesai tanam padi di sawah karena lahan mereka didukung pengairan yang lancar, sehingga beberapa wilayah di Purwodadi yang memiliki lahan siap tanam sudah selesai semua”, katanya.

Masih menurut Danramil “Untuk menggenjot produktifitas panen, pihaknya sudah mengintruksikan kepada babinsanya agar bersinergi dengan PPL untuk memberikan penyuluhan kepada petani agar melakukan percepatan masa tanam, memaksimalkan prasarana alat mesin pertanian (alsintan), sehingga target produksi tersebut mampu dicapai dalam rangka menunjang program ketahanan pangan nasional,” pungkasnya nya.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *