Babinsa Tegalkuning Dukung Kegiatan Desiminasi Dan Pemetaan Wilkerstat Petugas BPS

Babinsa Tegalkuning anggota Koramil 04/Banyuurip, Kodim 0708/Purworejo, Serda Yusuf berkoordinasi dengan Budi Prasetyo, petugas BPS melakukan Diseminasi dan Pemetaan 2019 di kantor Desa Tegalkuning, Kecamatan Banyuurip, Kabupaten Purworejo, Senin (29/04/2019.
Budi Prasetyo menjelaskan, kegiatan Diseminasi serta kegiatan Pemetaan 2019 bertujuan untuk pemetaan Sensus Penduduk tahun 2020 (SP2020) wilayah kerja statistik (wilkerstat) terkecil yakni Satuan Lingkungan Setempat (SLS).
“Fungsinya untuk memperbarui blok sensus tahun 2009 lalu, tetapi kita tetap harus menunggu hasil Pilot SP2020 yang sedang dilaksanakan,” ujar Budi Prasetyo.
Dijelaskan pula, kegiatan pemetaan mencakup penjelasan teknis pemetaan dan pemutakhiran wilkerstat.
“Wilkerstat adalah wilayah kerja statistik untuk kegiatan sensus dan survei yang diselenggarakan oleh petugas BPS,” ucapnya.
Pesatnya pembangunan, tentunya menyebabkan banyak perubahan muatan seperti bangunan tempat tinggal, perkantoran, sekolah dan lain-lain.
“Pemutakhiran bentuk dan posisi peta digital wilkerstat saat ini dipersiapkan sebagai master frame untuk mendukung berbagai pendataan yang diselenggarakan BPS. Penyusunan peta wilkerstat menggunakan teknologi geospasial,” pungkasnya.
Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *