Babinsa Sruweng Hadiri Pentas Seni, Angkat Budaya Lokal

Babinsa Koramil 06/Sruweng Kopda Husnul Epriliyanto mewakili Danramil 06/Sruweng menghadiri undangan acara pentas seni (Pensi) dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke 74 di lapangan Desa Tanggeran Kecamatan Sruweng Kabupaten Kebumen. Sabtu malam (07/09/19).

 

Kegiatan pentas senin yang dimulai sejak pukul 20.00 Wib itu dihadiri sejumlah tokoh masyarakat desa, jajaran Muspika Kec. Sruweng dan warga setempat. Hadir dalam acara tersebut Camat Sruweng Suyitno S.Sos, Kepala Desa Tanggeran beserta perangkatnya, dan masyarakat Desa Tanggeran sebanyak 500 orang memadati acara.

 

“Meski peringatan HUT RI telah berlalu, namun tidak bagi warga Tanggeran yang baru bisa merayakannya, pasalnya mereka umumnya petani dan saat bulan Agustus lalu mereka sibuk dengan memanen padi dan tanam palawija.” ujar Camat Suyitno saat dikonfirmasi.

 

Meski dilaksanakan secara sederhana namun antusias warga cukup serius, terbukti dengan tampilnya beberapa atraksi seni yang rata-rata menyuguhkan heroiknya rakyat Indonesia memerangi kaum penjajah. Pada akhir acara kegiatan juga menayangkan film perjuangan mempertahankan kemerdekaan, dalam acara ini Babinsa menayangkan keberanian arek-arek Suroboyo mengusir tentara Sekutu. Meski singkat namun cukup memberikan kesan bagi setiap warga.

 

Hal itu disampaikan Sutopo saat dikonfirmasi Pendim. “Saya senang melihat pemutaran film perjuangan yang ditayangkan Babinsa, ini bisa sebagai pelajaran bagi kami dan anak-anak kami, meski kami tidak mengalaminya langsung namun kesan dalam film itu seolah-olah kita terlibat didalamnya. “ ujar Suyatno.

 

Pada penghujung acara kegiatan pentas seni kali ini juga digelar acara potong tumpeng sebagai acara  penutup. Pemotongan tumpeng pun diserahkan kepada masyarakat yang paling muda oleh sesepuh desa. Hal ini dilakukan sebagai simbul rasa syukur atas kemerdekaan yang telah dibeikan Allah SWT sebagai anugrah Bangsa Indonesia

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *