Babinsa Srikayangan Bantu Petugas Puskesmas Salurkan PMT

Kulon Progo. Senin, 22 April 2019, pukul 09.30 WIB sampai dengan selesai, bertempat di Balai Desa Srikayangan, Babinsa Srikayangan, Koramil Sentolo, Kodim Kulon Progo (Serda Pargiyanto), melaksanakan pendampingan terhadap Petugas Kesehatan Puskesmas Sentolo II, Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulon Progo.

Pada kesempatan ini Petugas dari Puskesmas II Sentolo, melaksanakan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) pada balita yang kekurangan gizi (stunting). Stunting adalah masalah gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu lama, umumnya karena asupan makan yang tidak sesuai kebutuhan gizi. Stunting terjadi mulai dari dalam kandungan dan baru terlihat saat anak berusia dua tahun. Selain pertumbuhan terhambat, stunting juga dikaitkan dengan perkembangan otak yang tidak maksimal, yang menyebabkan kemampuan mental dan belajar yang kurang, serta prestasi sekolah yang buruk. Stunting dan kondisi lain terkait kurang gizi, juga dianggap sebagai salah satu faktor risiko diabetes, ipertensi, obesitas dan kematian akibat infeksi.

Dengan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) yang bergizi tersebut, diharapkan dapat mencegah terjadinya stunting di Desa Srikayangan. Ini adalah wujud kepedulian Dinas Kesehatan/Puskesmas, terhadap kesehatan warga masyarakat khususnya  balita, agar dapat tumbuh dengan normal dan sehat.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *