Babinsa Memotivasi Warga Dalam Bersiskamling

Meskipun pemerintah telah menjamin keamanan kita selaku warga negara, dengan mengerahkan aparat-aparat penegak hukum seperti polisi dan TNI, namun kita ketahui terdapat keterbatasan personil aparat dalam pengamanan tersebut. Jadi warga sendirilah yang bertanggung jawab atas keamanan lingkungan kita masing-masing. Oleh sebab itu Babinsa Tahunan Serma Teguh Susilo pada Hari Selasa 09 November 2020 melaksanakan patroli wilayah dan sambang pos kamling di Rt. 47 Rw. 11 Tahunan Kelurahan Tahunan, Umbulharjo Yogyakarta.

Siskamling adalah sistim keamanan lingkungan yang diciptakan untuk mendukung upaya pemerintah dalam menjamin keamanan setiap warganya dari segala bentuk tindak kejahatan yang mungkin mengancam baik diri pribadi maupun lingkungan sekitar. Meskipun lingkungan kita terlihat aman-aman saja, namun sebaiknya kita tetap waspada karena tindak kejahatan bisa terjadi kapanpun dan dimanapun tanpa kita sangka. Karena kejahatan bisa timbul karena ada kesempatan yang lengah dari kita, jelas Serma Teguh.

Warga masyarakat desa Tahunan menyambut baik dengan diadakan ronda siskamling ini. Dengan adanya pergantian siskamling ini diharapkan timbulnya rasa gotong-royong kembali di desa yang selama ini sudah mulai luntur. Kita ciptakan rasa satu warga desa belotan yang mempunyai tugas dan  tanggungjawab sama dalam menjaga keamanan lingkungan, tambahnya.

Di tempat berbeda Danramil 07/Umbulharjo Mayor Inf Nur Wakhid menyampaikan Dari Siskamling ini, banyak manfaat yang kita peroleh. Dengan adanya siskamling ini hubungan antar warga akan menjadi semakin erat, sehingga tidak lagi ada warga yang tidak saling kenal dengan tetangganya sendiri. Selain itu dengan adanya siskamling kita bisa bergaul dan bertegur sapa dengan warga lain. Apabila warga sudah mengenal baik dengan warga lain maka diharapkan setiap persoalan-persoalan yang terjadi di wilayah desanya bisa dipecahkan bersama-sama itu mencari solusi terbaik dengan mufakat bersama warga, ungkap Danramil.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *