Babinsa Koramil Parakan Hadiri Acara Sadranan Selamatan Desa

Babinsa Koramil 03/Parakan Kodim 0706/Temanggung,Serka Muhajir menghadiri acara tradisi sadranan di Desa Tanurejo Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung, Jum,at (3/5/2019).

 

Memasuki bulan Sya’ban menurut Kalender 1440 Hijriyah bagi sebagian umat Islam dikenal adanya tradisi adat “Sadranan” mendoakan yang ditujukan kepada leluhur yang sudah meninggal di suatu desa, serta makan bersama dengan sajian jajanan dan ingkung ayam utuh yang dibawa di tempat yang lapang kemudian dimakan bersama-sama.

 

Bagi sebagian besar desa yang ada di Kabupaten Temanggung tradisi “Sadranan ” ini masih dilestarikan seperti sekarang di Desa Tanurejo menggelar acara Sadranan tersebut.

 

Acara Sadranan ini dihadiri para tokoh adat, agama, masyarakat setempat laki laki,perempuan tua muda semua kumpul jadi satu dalam acara sadranan selamatan desa.

 

Babinsa Tanurejo Serka Muhajir menghadiri acara tersebut sebagai bentuk penghormatan , pendekatan, kepada tokoh Agama dan masyarakat serta sekaligus melakukan komunikasi sosial dengan warga binaannya.

 

Sadranan ini tentunya sebuah tradisi adat yang sudah turun temurun yang perlu dipelihara sebagai sarana untuk menyatukan warga dan rasa kebersamaan dari berbagai lapisan masyarakat jawa.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *