Babinsa Koramil 19/Kuwarasan Dampingi PLN Bersihkan Jaringan Listrik

Babinsa Desa Kalipurwo Koramil 19/ Kuwarasan Serda Jumadi bersama perangkat desa Kalipurwo Dampingi Tim PLN Gombong bersihkan jaringan Listrik dengan melakukan pemangkasan ranting pohon yang membahayakan saluran kabel listrik di wilayah desa Kalipurwo Kecamatan Kuwarasan Kabupaten Kebumen, Selasa (14/01/2020)

 

Berbagai solusi mengatasi listrik padam, terus dilakukan PLN Area Gombong dengan melakukan pemangkasan / penebangan ranting pohon yang membahayakan saluran kabel listrik. Salah satu penyebab listrik padam yang paling dominan adalah gangguan pohon. Hal ini disampaikan oleh bapak Yazid dari PLN Gombong yang berada di lapangan.

 

Gangguan akibat ranting pohon yang menyentuh jaringan tidak dapat diprediksi kapan waktunya dan pemulihannya pun butuh waktu lama karena petugas harus menelusuri sepanjang jaringan, kata Beliau. Berdasarkan peraturan Menteri ESDM Nomor 18 tahun 2015 Right Of Way (ROW) atau ruang bebas adalah ruang yang dibatasi oleh bidang vertical dan horizontal disekeliling dan sepanjang konduktor SUTT (Saluran Udara Tegangan Tinggi), SUTET (Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi) atau SUTTAS (Saluran Udara Tegangan Arus Searah) dimana tidak boleh ada benda di dalamnya demi keselamatan manusia, mahkluk hidup, dan benda lainnya serta keamanan operasi jaringan SUTT,SUTET, dan SUTTAS. Oleh sebab itu maka dilakukan pemangkasan pohon yang berada di dekat jaringan listrik milik PLN.

 

Tujuan dari pemangkasan pohon tidak hanya menjaga pasokan listrik namun juga demi keselamatan masyarakat dan lingkungan dari bahayanya listrik. Jarak aman jaringan kabel dengan pepohonan atau bangunan dibawahnya setidaknya lebih 3 Meter. Dalam menjalankan pembersihan Jaringan listrik dari benda –

benda yang berpotensi mengganggu kontiunitas pasokan listrik tersebut, PLN memiliki Tim khusus yang disebut tim ROW.

 

Rutinitas Tim ROW ini, bertugas setiap hari dengan melakukan pemangkasan ranting/batang pohon, pembersihkan kawat listrik dari tali atau kerangka layang layang, umbul-umbul dan benda lain yang berpotensi mengganggu jaringan listrik yang mengakibatkan padamnya listrik serta menjaga keselamatan masyarakat itu sendiri dari potensi akibat sengatan listrik dan kemungkinan bahaya lainnya, ujar Yazid.

 

Sementara Serda Jumadi yang menjabat sebagai Babinsa di desa Kalipurwo bersama Kadus setempat bapak Agus, menyatakan kesiapannya dalam melaksanakan pendampingan dari PLN,  “Saya dan perangkat desa Kalipurwo siap membantu kegiatan pembersihan jaringan listrik yang dilakukan oleh Tim ROW PLN demi kelancaran dan keamanan”.

 

Dalam kesempatan tersebut Babinsa Serda Jumadi bersama Kadus 3 desa Kalipurwo bpk Agus juga mengucapkan terimakasih kepada semua warganya yang telah bersedia dan rela pohonnya dipangkas.

 

“Saya mengucapkan terimakasih atas kerjasama dari masyarakat yang telah mengizinkan petugas PLN dalam melakukan pemangkasan rutin ataupun penebangan pohon yang dekat dengan jaringan demi kenyamanan semua”, tutup Jumadi.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *