Babinsa Koramil 11/Loano Jadi Pwembina Upacara

Kegiatan nyata Bela Negara diantaranya melaksanakan upacara pengibaran bendera baik rutin hari senin maupuan 17an atau pada hari-hari besar kenegaraan. Dalam rangkaian kegiatan upacara banyak yang bisa kita renungkan dan kita kembangkan dalam kegiatan nyata hidup berbangsa dan bernegara.

Menggugah semangat dan menumbuhkan belajar disiplin melalui kegiatan upacara bendera seharusnya memang dilaksanakan mulai dari bangku pendidikan, baik pedidikan TK, dasar maupun lanjutan. Sehingga akan tumbuh degan kuatnya rasa nasionalisme dan rasa cinta kepada tanah air.

Babinsa Koramil 11/Loano Serma Iwan Susanto menjadi Pembina Upacara dalam pelaksanaan Upacara Senin pagi, bertempat di halaman SDN Guyangan di desa Guyangan Kecamatan Loano Kabupaten Purworejo pada Senin (24/02/2020).

Dalam pelaksanaan upacara tersebut turut hadir Kepala SDN Guyangan Bapak Hadi Mustofa, Bapak/Ibu guru dan seluruh murid. Kegiatan upacara ini sebagai salah satu wujud penghormatan kepada lambang Negara, menumbuhkan rasa Nasionalisme dalam Bela Negara, dan Kedisiplinan bagi siswa-siswi sehingga diharapkan mereka kedepan dapat menjaga persatuan dan kesatuan NKRI.

Sebagai Pembina Upacara, Babinsa Koramil 11/Loano Serma Iwan Susanto berkesempatan memberikan amanat yang isinya diantaranya, “Dalam melaksanakan bela negara diantaranya kalian harus disiplin dalam menuntut ilmu, ambil semua ilmu yang ada pada bapak dan ibu guru karena dengan berilmu atau mempunyai ilmu kita tidak akan atau tidak bisa di bodoh-bodohi oleh orang lain atau bangsa lain. Apalagi untuk anak-anak kelas VI yang dalam waktu dekat menghadapi ujian dalam rangka kelulusan, tentunya harus selalu memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk belajar dan belajar.”

Selain itu Babinsa juga menyampaikan sebagai generasi muda kita wajib untuk menghargai jasa-jasa Pahlawan Indonesia “Karena mereka ada, dan bersama-sama berjuang untuk kemerdekaan bangsa ini, maka kita sebagai generasi penerus wajib menghargai jasa-jasa para pahlawan. Dengan demikian pola pendidikan untuk menyiapkan generasi muda tidak hanya bertujuan menghadapi tantangan dimasa depan tetapi juga untuk menumbuhkan kecintaan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tambahnya.

Kepala SDN Guyangan Bapak Hadi Mustofa, menyampaikan terima kasih kepada Danramil 11/Loano atas perhatiannya dengan memerintahkan anggotanya untuk ikut bergabung dan memberi motivasi kepada anak didiknya yaitu ikut melaksanakan upacara penaikkan bendera di sekolah yang dipimpinnya.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *