Babinsa Koramil 09/Pituruh Pantau Tanaman Kedelai Petani

Dalam rangka mewujudkan program swasembada pangan, Babinsa Koramil 09/Pituruh Kodim 0708/Purworejo Serda Sutarman langsung terjun ke lahan yang ditanami kedelai. Babinsa tersebut membantu petani membersihkan rumput dan sekaligus juga mengecek kondisi dari tanaman kedelai yang berusia 30 hari milik Bahri dari Kelompok Tani Subur Makmur di Desa Semampir Kecamatan Pituruh Kabupaten Purworejo,Jumat (20/09/2019).

Kodim 0708/Purworejo melalui Babinsanya harus selalu mendampingi petani dalam segala hal yang menyangkut dengan bidang pertanian. Hal ini disambut baik oleh petani karena kondisi tanamannya selalu diawasi oleh babinsa. Apabila ada tanaman yang terkena penyakit, maka akan langsung diobati bekerjasama dengan PPL dan Poktani,” ujar Danramil 09/Pituruh Kapten inf Maryono.

Dahulu setiap kendala yang dihadapi petani selalu tidak ada yang membantu, akan tetapi dengan adanya babinsa pendamping petani maka kendala petani akan terpecahkan. Dia ingin agar tanaman yang ditanam petani selalu berhasil dengan baik.

Babinsa dan PPL secara terprogram meninjau lokasi pertanian dan terjun langsung ke lapangan. Babinsa Desa Semampir mengaku tidak hanya meninjau namun juga memberi pengarahan ke petani secara langsung.

Tidak hanya tanaman padi yang kita berikan penyuluhan langsung, namun termasuk tanaman palawija seperti kedelai yang saat ini sedang memasuki musim tanam di wilayah binaan kami,” ujar Serda Sutarman.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *