Babinsa Koramil 05/ Kutoarjo Semprot Tanaman Padi

Kutoarjo – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Desa Sidarum Koramil 05/Kutoarjo Kodim 0708/Purworejo Serka Budi Susanto ikut membantu penelitian padi pencegahan serangan hama walang sangit bersama Kelompok Tani Sinar Tani yang diketuai Bapak. Maryoto, Rabu (10/07/2019).

Dalam perawatan tanaman padi, membutuhkan ketelatenan terlebih ketika tanaman padi mulai berbuah dan diserang hama dan penyakit. “Untuk mengendalikan serangan hama dan penyakit, maka dibutuhkan teknik menyemprotan tanaman padi yang tepat dan benar,” ujar Serka Budi Santoso.

Lebih lanjut Serka Budi S menyampaikan, “Penyemprotan sekilas tampak mudah dan bisa dilakukan oleh siapapun, tetapi karena bahan-bahan penyemprotan membutuhkan banyak campuran yang terkadang mengandung racun, maka tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Teknik penyemprotan merupakan salah satu kegiatan dalam mengendalikan serangan hama dan penyakit untuk mengoptimalkan pertumbuhan tanaman padi sehingga diharapkan bisa panen padi dengan hasil yang optimal,” pungkas Serka Budi Santoso.

Sementara itu, petugas PPL Ibu Eko Wati juga mengatakan, waktu yang tepat untuk menyemprot tanaman padi adalah saat mulut daun mulai terbuka. Cairan pestisida akan lebih mudah diserap oleh tanaman hingga masuk ke dalam lapisan jaringan. Hama yang menyerang tanaman padi akan dapat segera mati ketika mencoba memakan bagian tanaman. “Waktu yang tepat dan disarankan untuk melakukan penyemprotan adalah pada pagi hari pukul 09.00 Wib dan sore jam 15.30 Wib, saat mulut daun terbuka,” imbuh Bu Eko Wati.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *