Babinsa Koramil 04/Banyuurip Dampingi Petani Pantau Bibit Padi

Persemaian bibit dan pemilihan bibit merupakan termasuk hal penting dalam pertanian. Beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman terletak pada persemaian yang di persiapkan yaitu jenis tanaman serta varietas tanaman yang tentu harus unggul dan bagus untuk di tanam. Terutama pada budidaya padi varietas yang unggul tahan terhadap hama dan penyakit.

Terkait hal tersebut,
Bintara Pembina Desa (Babinsa) Desa Triwarno, anggota Koramil 04/Banyuurip, Kodim 0708/Purworejo, Serka Sukamto melakukan pendampingan pertanian dalam pemantauan bibit tanaman padi Varietas Ciherang milik Suhendar (46), anggota kelompok tani (Poktan) Waspodo yang terletak di Desa Triwarno, Kecamatan Banyuurip, Kabupaten Purworejo, Kamis (09/01/2019).

Pendampingan ini sebagai salah satu bentuk tugas pendampingan dalam rangka upaya khusus swasembada pangan yang dilakukan oleh Babinsa kepada petani dan memberikan motivasi dan pendampingan terhadap kelompok tani demi meningkatkan hasil panen untuk kesejahteraan petani.

“Agar apa yang disampaikan pimpinan TNI AD bisa mewujudkan swasembada pangan selanjutnya di lapangan memberikan dorongan semangat kepada Kelompok Tani untuk bercocok tanam,” tutur Serka Sukamto di sela-sela pemantauan bibit padi.

Dengan percepatan masa tanam, lanjut Babinsa, secara otomatis masa panen pun akan lebih awal, sehingga untuk masa tanam berikutnya nanti tidak ada keterlambatan.

Dalam kegiatan pengecekan ini, pemilik lahan sawah Suhendar mengungkapkan rasa senangnya terhadap perkembangan tanaman padi miliknya yang tumbuh subur.

Melihat perkembangan bibit padinya yang tumbuh subur tersebut, Suhendar sangat berharap pada panen kali ini akan mendapatkan hasil yang berlimpah sehingga dapat membantu perekonomian keluarganya.

Sebagai petani, ia pun sangat bersyukur atas pendampingan yang dilakukan oleh Babinsa terhadap petani.

“Terima kasih saya ucapkan kepada bapak Babinsa atas pendampingannya selama ini, berkat pendampingan bapak Babinsa kami merasa sangat terbantu dalam bertani,” ungkapnya.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *