Babinsa Kliwonan Hadiri Monev Pembangunan DD/ADD Bersama Tim Kecamatan

Monitoring dan evaluasi dana desa adalah aspek yang penting dalam menjaga akuntabilitas penggunaan dana desa.Hal ini akan dilakukan melalui mekanisme pelaporan secara berjenjang antar tingkat pemerintahan.

Sebagai salah satu bentuk kerjasama dan kebersamaan serta peran aktif aparat teritorial, Babinsa Desa Kliwonan, anggota Koramil 04/Banyuurip, Kodim 0708/Purworejo, Serda Wayan Sutarma menghadiri kegiatan monitoring dan evaluasi kegiatan dan DD dan ADD Tahun 2019 Desa Kliwonan yang di kantor Balai Desa Kliwonan, Kecamatan Banyuurip, Kabupaten Purworejo, Kamis (28/11/2019).

Nampak hadir dalam monitoring tersebut Camat Banyuurip Triwahyuni Wulansari, AP.,MAP., Babinsa Serda Wayan Sutarma, Bhabinkamtibmas Bripka Muqorobin, pendamping desa Arbain Yusup, Sekretaris Desa Kliwonan Nunung Rochmiani, SKM. beserta perangkat desa, ketua TPK Desa Kliwonan Sugiyarno dan BPD Desa Kliwonan Wahyu Saparua.

Dalam kesempatan tersebut, Camat Banyuurip Triwahyuni Wulansari selaku ketua tim monitoring dan evaluasi (Monev) menekankan, dalam menggunakan Dana Desa harus sebaik mungkin dan dalam pelaksanaannya jangan sampai disalahgunakan.

Camat menambahkan, untuk pengerjaan pembangunan fisik harus disesuaikan dengan ketentuan.

“Untuk perawatan bangunan nantinya harus dilaksanakan dengan baik dan untuk penyelesaian administrasi selesaikanlah dengan baik sesuai prosedur dan juknis,” tegas Camat Banyuurip.

Monitoring dan evaluasi tidak hanya dilaksanakan dengan mengecek administrasi saja, tetapi juga dilakukan peninjauan ke lokasi sasaran fisik pembangunan.

Ditemui di sela-sela acara, Babinsa Desa Kliwonan Serda Wayan Sutarma menyampaikan, bahwa monitoring yang dilakukan ini bertujuan untuk mengetahui secara langsung sejauh mana pelaksanaan program di desa serta untuk memantau apakah dalam pelaksanaannya sesuai dengan RAP atau tidak.

“Tujuan monitoring ini untuk mengetahui secara langsung sejauh mana pelaksanaan program di desa,” jelas Babinsa.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *