Babinsa Giripurwo Bantu Petani Panen Padi

Kulon Progo.  Giat Upsus Swasembada Pangan dilakukan Serma Cahyadi, Babinsa Giripurwo, Koramil Girimulyo, Kodim Kulon Progo, di Bulak Niten pada Hari Rabu tanggal 01 Mei 2019.

Serma Cahyadi membantu Bapak Sakiyo seorang petani Anggota Kelompok Tani “Sukomertani”, dalam memanen padi Jenis Ciherang, yang ditanam dilahan seluas 1.500 meter pesegi di Bulak Niten, Desa Giripurwo.  Lahan pertanian di wilayah ini adalah terasiring.   Meski demikian, berkat keuletan, kegigihan dan semangat para petani, lahan tersebut dapat menghasilkan padi dengan cukup baik.

Perontokan bulir gabah masih menggunakan alat yang sangat sederhana yaitu “gepyokan”  Alat gepyokan dibuat dari kayu dan bamboo yang disatukan dengan paku, dibentuk tinggi sebelah. Cara penggunaannya adalah batang padi yang sudah dirobohkan dipukulkan ujung yang ada gabahnya ke alat tersebut berulang-ulang hingga rontok. Alat tersebut kurang efisien dan membutuhkan banyak tenaga, sehingga kurang efektif bila dibandingkan dengan seritan bermesin, demikian diinformasikan Babinsa.  (Pendim 0731/KP).

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *