Babinsa Desa Sawit Bantu Petani Pengairan Sawah Dengan Mesin Pompa Air

Purworejo — Babinsa Desa Sawit, anggota Koramil 04/Banyuurip, Kodim 0708/Purworejo, Serda Wayan Sutarma, membantu petani mengairi sawahnya yang kekurangan air mengunakan mesin pompa di lahan milik Sugiyono, angota kelompok tani Sawitri di Desa Sawit, Kecamatan Banyuurip, Kabupaten Purworejo, Rabu (10/07/2019).

Serda Wayan Sutarma mengatakan, perlu kerja keras untuk mempertahankan tanaman padi tersebut di saat musim kemarau dengan keterbatasan air.

” Untuk memenuhi kebutuhan pengairan, diambilkan dari saluran irigasi yang ada disekitar lahan dengan cara menarik selang sepanjang puluhan meter, ” ujarnya.

Saat di lokasi, Babinsa menyampaikan, bahwa tanaman padi milik Sugiyono anggota kelompok tani Sawitri, saat ini dalam masa pertumbuhan, sehingga banyak memerlukan pasokan air.

” Apabila kebutuhan air saat ini tidak tercukupi akan mengakibatkan kegagalan panen, sehingga petani akan mengalami kerugian, ” katanya.

Sugiyono pemilik lahan, menyampaikan terimakasih kepada Babinsa yang berperan aktif membantu kesulitannya maupun masyarakat Desa Sawit. Kegiatan seperti ini dirinya berharap agar terus dipertahankan dan ditingkatkan.

” Bila kebutuhan air pada tanaman tercukupi, maka tanaman akan tumbuh dan berkembang secara normal sehingga diharapkan dapat meningkatkan hasil produksi pertanian, ” ungkapnya.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *