Babinsa Desa Grenggeng Bangun Semangat Warga Melalui Potensi Wilayah 

KODIM 0709/KEBUMEN, Babinsa Desa Grenggeng Koramil 04/Karanganyar Sertu Warisno menghadiri pagelaran seni budaya Kuda Lumping “Turonggo Putro Budoyo (GEMPLO)” bertempat di Pasar Pereng Kali desa Grenggeng Kec. Karanganyar, baru baru ini.

Pergelaran atau pementasan merupakan kegiatan untuk memperkenalkan atau menunjukan hasil karya seni berupa seni musik, tari, teater/drama dan lainnya kepada masyarakat luas. Pergelaran adalah cara untuk melakukan komunikasi antara pencipta karya dan penikmat karya. Tujuan seni di dalam manajemen seni pertunjukan, termasuk di dalamnya Kuda Lumping adalah guna mencapai kualitas karya seni yang bermutu.

Seperti pagelaran seni Kuda Lumping “Turonggo Putro Budoyo (GEMPLO)” Desa Grenggeng Karanganyar yang melaksanakan partunjukan di Pasar Pereng Kali Desa Grenggang.

Menurut Babinsa Desa Grenggeng Sertu Warisno, keberadaan Sanggar Seni “Turonggo Putro Budoyo (GEMPLO)” sangat positif bagi tumbuh kembangnya bakat seni warga Grenggeng baik dari kalangan orang tua, muda mudi sampai dengan anak anak. Keberdaan sanggar ini telah banyak mendidik anak-anak yang punya potensi dan bakat seni terpendam. Kedepannya anak didik ini bisa lebih pandai lagi berkat bimbingan Ketua Sanggar,” jelasnya.

“Desa Grenggeng harus mempunyai ciri khas tersendiri disamping Pasar Pereng Kali yang mengambil tempat di bawah rindangnya pepohonan bambu tepat di tepi Sungai Kemit dengan konsep kembali ke zaman dahulu, ada pula makanan jajan pasar yang tersedia cukup bervariasi mulai dari gendol, sawud, jongkong, golak, cetil, lotek, rujak, hingga getuk. Hasil kerajinan anyaman pandan dan pagelaran seni budaya yang menjadi potensi seni desa Grenggeng,”.

“Masyarakat harus maju dan bersemangat untuk mengekspos dan melestarikan tradisi yang dimiliki masyarakat baik dari pasar, makanan,hasil kerajinan dan seni sehingga Desa Grenggeng akan dikenal oleh masyarakat dari luar wilayah,” imbuhnya. (Pen).

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *