Babinsa dan Bhabinkamtibmas Sosialisasi Saber Pungli Dikelurahan

YOGYAKARTA,– Berbagai upaya dalam mengantisipasi pungutan liar (Pungli) terus dilakukan oleh jajaran koramil 10/Wirobrajan Kodim 0734/Yogyakarta bersama Polsek Wirobrajan, kegiatan antisipasi pungli dilakukan mulai dari kantor-kantor pemerintah khususnya yang bersentuhan dengan pelayanan publik tingkat kecamatan, sekolah-sekolah, kantor kelurahan serta kantor obyek vital lainnya.

Hal tersebut seperti yang dilakukan oleh Babinsa dan Bhabinkamtibmas Kelurahan Patangpuluhan, Sertu Triharyanto dan Aipda Sumaryono yang melaksanakan Koordinasi sosialisasi terkait satuan tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saberpungli) bertempat di Kelurahan Patangpuluhan, Kecamatan Wirobrajan Kota Yogyakarta. Rabu (15/01/2020)

Hadiri dalam kegiatan tersebut antara lain Sekel Kelurahan Patangpuluhan Ibu Retno, Babinsa Kel. Patangpuluhan Koramil 10/Wirobrajan Serda Triharyanto, Bhabinkamtibmas Kel. Patangpuluhan Polsek Wirobrajan Aipda Sumaryono.

Babinsa Kel. Patangpuluhan Sertu Triharyanto berharap tidak ada pungutan-pungutan liar yag terjadi lingkungan kantor kantor pelayanan publik dan mengajak kepada para pegawai pemerintah Kelurahan maupun instansi lain dan warga masyarakat untuk selalu proaktif melaporkan jika ada pihak-pihak atau oknum yang melakukan pungli ke Babinsa, Babinkamtibmas atau langsung ke Polsek Wirobrajan, agar bisa diproses sesuai dengan hukum yang berlaku.”Ungkapnya

Babinkamtibmas Kel. Wirobrajan juga menegaskan, “Pungutan pungutan diluar ketentuan atau disebut dengan Pungli merupakan salah satu pelanggaran hukum untuk itu kami berharap kepada semua pihak baik itu TNI, Polri maupun instansi terkait lainnya untuk bersama-sama mencegah dan memberantas pungli,” tutur aipda Sumaryono.

Sementara itu, Komandan Koramil 10/Wirobrajan Kapten Arm Riyanto saat dikonfirmasi diruang kerjanya mengatakan, “bahwa pemberantasan praktik Pungutan Liar (pungli) menjadi atensi khusus dari Pemerintahan saat ini. Pungli pada umumnya berkembang di pelayanan publik dan hal ini sangat meresahkan masyarakat terutama menengah kebawah, pengetahuan yang minim oleh masyarakat dapat menjadi sasaran empuk bagi oknum untuk meraup keuntungan pribadi.”Ungkapnya.

Sekretaris Kelurahan Patangpuluhan juga menegaskan“Guna untuk mencegah terjadinya pungli kami terus mensosialisasikan serta edukasi mengenai praktek pungli kepada warga masyarakat, khususnya masyarakat yang ada diwilayah Kelurahan Patangpuluhan, Kecamatan Wirobrajan Kota Yogyakarta, agar dapat mengetahui dan terhindar dari pungli.” terang Ibu Retno

“Pada saat ini Pemerintah, TNI dan Kepolisian telah mencanangkan program bebas punggutan biaya (Pungli) untuk seluruh pelayanan publik,” pungkas Ibu Retno

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *