Babinsa Dampingi Pemupukan Tanaman Padi

KODIM 0709/KEBUMEN, Babinsa Desa Jladri Sertu Mulyanto melaksanakan pendampingan pertanian bersama ketua kelompok tani Mukti Sari yakni Bpk Marmin (59) dalam rangka pemupukan tanaman padi varietas ciherang di lahan seluas 125 ubin Desa Jladri Kec. Buayan Kab. Kebumen, Minggu (16/06/2019).

Sambil pemupukan Babinsa Sertu Mulyanto menyampaikan tentang pentingnya merawat atau memelihara tanam agar tumbuh dengan baik serta melalui pemupukan yang teratur dengan menggunakan pupuk Non Organik maka hasil tanaman akan lebih sehat jika disbanding dengan menggunakan pupuk organik. Hal senada juga disampaikan Marmin, bahwa selama adanya pendampingan baik Babinsa, PPL bahkan UPT Distapang wilayah Buayan hasil panen setiap tahun terus mengalami peningkatan, selain diarahkan Marmin juga mengakui bahwa dirinya selalu hati hati dalam pemilihan bibit dan penggunaan pupuk termasuk dengan cara tanam jajr legowo mutu padi menjadi semakin baik.

“Apalagi sekarang ada pendampingan dari Koramil 20/Buayan khususnya Babinsa yang selalu hadir disetiap kegiatan ini sudah memberikan semangat bagi saya dan semua insan tani di Desa Jladri ini. Petani harus merobah kebiasaan lama yang kurang baik dan mengikuti para penyuluhan kalau menginginkan hasil panen yang baik.” ujar Marmin.

Pendampingan pertanian sebagai upaya khusus yang dilakukan Babinsa merupakan sebuah upaya kepada petani dalam mensukseskan program pemerintah guna peningkatan hasil produksi pertanian seperti padi, jagung dan kedelai. Oleh karenanya semua kelompok tani yang ada akan selalu mendapatkan sosialisasi dan solusi terkait peningkatan mutu hasil pertanian pada kegiatan ini peran Babinsa juga menata kembali organisasi, tertib administrasi dan meningkatkan kemampuan melalui pembinaan yang dilaksanakan bersama PPL dan UPT Distapang wilayah Kec. Buayan dengan harapan kesejahteraan petani di daerah selalu bisa meningkat dari waktu ke waktu.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *