Babinsa Banyuurip Hadiri Temu Tehnis Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Tani

Dua Babinsa Koramil 04/Banyuurip Serka Sukaryadi dan Sertu Parlan menghadiri temu teknis peningkatan kapasitas kelembagaan tani menuju petani yang tangguh dan mandiri di kantor BPP Banyuurip, Kelurahan Borokulon, Kecamatan Banyuurip, Kabupaten Purworejo, Jumat (29/11/2019).

Hadir dalam acara tersebut, Eko Anang Kabid Pangan dan Holtikultura Din PPKP Kabupaten Purworejo, kepala BPP Banyuurip Sunarto, dua Babinsa Koramil 04/Banyuurip Serka Sukaryadi dan Sertu Parlan, ketua KTNA Kecamatan Banyuurip serta ketua Gapoktan dan Poktan se-Kecamatan Banyuurip.

Kegiatan temu tehnis yang mengambil tema ” Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Tani Menuju Petani Yang Tangguh Dan Mandiri ” dibuka oleh Kabid Pangan dan Holtikultura Din PPKP Kabupaten Purworejo Eko Anang.

Dalam sambutannya saat membuka kegiatan temu tehnis tersebut, Eko Anang mengatakan, pembangunan pertanian tidak terlepas dari peran serta masyarakat tani sebagai pemutar roda perekonomian negara. Dengan peran tersebut maka perlu pemberdayaan masyarakat tani sehingga petani mempunyai ”power”/kekuatan yang mampu menyelesaikan masalah yang dihadapinya.

“Salah satu usaha pemerintah bersama petani dalam rangka membangun upaya kemandirian petani dibentuklah kelompok-kelompok tani di perdesaan,” kata Eko Anang.

Sedangkan Sunarto selaku penyelenggara kegiatan menjelaskan, untuk mewujudkan petani yang mandiri dan tangguh maka pada kegiatan temu tehnis tersebut akan membahas beberapa materi diantaranya modernisasi penggunaan air, tehnologi hemat air dan dampak pranoto mongso.

“Semoga apa yang menjadi pembahasan ini akan membuat petani semakin tangguh dan mandiri sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan para petani,” harapnya.

Pada kesempatan tersebut, Serka Sukaryadi mewakili Danramil 04/Banyuurip menegaskan siap melakukan pendampingan kepada para petani melalui program Upsus demi kemandirian dan ketahanan pangan nasional. Dimana ketahanan pangan berhubungan erat dengan ketahanan nasional yang merupakan tugas pokok dari TNI.

“Kami siap melakukan pendampingan kepada petani bersama-sama dengan PPL guna memberikan semangat dan motivasi menuju petani yang tangguh dan mandiri,” tutup Serka Sukaryadi.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *