Babinsa Bantu Pembersihan Saluran Irigasi

Purworejo — Bintara Pembina Desa (Babinsa) Desa Condongsari, anggota Koramil 04/Banyuurip, Kodim 0708/Purworejo, Sertu Joko Widodo membantu petani membersihkan saluran irigasi di wilayah Desa Condongsari, Kecamatan Banyuurip, Kabupaten Purworejo, Senin (02/12/2019).

Acara pembersihan irigasi ini merupakan salah satu upaya untuk memperlancar aliran air untuk masa tanam tahap I (MT I) sehingga dapat meningkatkan produksi pertanian dalam menunjang program Ketahanan Pangan Nasional di Kabupaten Purworejo, khususnya di Desa Condongsari.

“Misi pendampingan yang intinya mengajak dan memotivasi para petani untuk melakukan pengolahan lahan, perawatan tanaman, termasuk perawatan tehnis pengairan, agar hasil produksi padi semakin meningkat,” jelas Sertu Joko Widodo.

Dengan pembersihan saluran irigasi, lanjut Babinsa, diharapkan air yang akan mengaliri areal sawah menjadi lancar dan dapat memudahkan para petani dalam mengolah lahan pertanian mereka.

“Semoga tidak ada lagi gangguan irigasi dalam memenuhi kebutuhan air di lahan para petani,” harapnya.

Terpisah, Kades Condongsari Cahyo Saptono, S.Si. mengatakan, dirinya mewakili warga sangat terbantu dengan ada peran aktif dari TNI AD, melalui Babinsa yang tak kenal lelah membantu semua kesulitan petani.

“Bila saluran irigasi tersumbat, maka saluran air untuk sawah akan tersendat. Bersama Babinsa petani membersihkan rumput liar yang sudah menutupi saluran irigasi persawahan kami,” tutupnya.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *