Babinsa Adimulyo Bantu Petani Airi Sawah

KODIM 0709/KEBUMEN. Bintara Pembina Desa (Babinsa) Desa Sekarteja, Serka Aris Santoso, Rabu (15/5/2019) melaksanakan pendampingan pertanian, kepada warga binaannya. Pendampingan tersebut, dilakukan Serka Aris Santoso dengan membantu para petani di Desa Sekarteja, Kecamatan Adimulyo, Kabupaten Kebumen, untuk mengairi lahan persawahan mereka, yang sudah beberap pekan ini hujan belum juga turun.

Diketahui, saat ini di daerah tersebut sedang dilanda kekurangan pasokan air, yang kalau dibiarkan akan mengancam tanaman padi milik para petani. Mereka khawatir tanaman padi miliknya tidak bisa berlangsung lama akibat pasokan air yang kurang. “Sudah lama hujan tidak turun beberapa pekan ini, yang mengakibatkan lahan persawahan kami mulai kekuarangan air bahkan cenderung ada beberapa lahan yang mulai mengering,” terang Aris saat dirinya membantu petani mengambil air ditepian sungai Desa Sekarteja.

Dijelaskan Aris, “saat ini sejumlah irigasi di wilayah ini kebanyakan sudah tidak dialiri air dimana biasanya air dari waduk Sempor selalu dialirkan ke sejumlah sawah disini, begitu juga aliran sungai yang mulai susut sehingga upaya kami dengan warga membuat bendungan kali untuk bisa kita ambil airnya dengan mesin sedot air bantuan Distapang Kebumen. Jika tidak segera ditindaklanjuti maka, dikhawatirkan lahan persawahan bisa ikut mengering, dan mengakibatkan seluruh tanaman milik petani mengalami puso.” Imbuhnya.

Untuk menyelamatkan nasib petani dari musim kemarau tersebut, Serka Aris Santoso pun berinisiatif untuk membantu para petani menyedot air dari dalam tanah dan sungai-sungai yang ada, dengan menggunakan mesin penyedot air.

“Para petani pun akhirnya menyedot air dari sungai yang masih menyisakan sedikit air, karena takut tanaman padi milik mereka kekeringan. Kegiatan ini pun, disambut warga dengan suka cita sehingga didapat solusi untuk mengatasi kekuarangan air pada tanaman mereka.

 

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *