Aster Panglima TNI Buka Pelatihan Instruktur Pramuka Trisaka TNI 2020

(Puspen TNI). Asisten Teritorial (Aster) Panglima TNI Mayjen TNI Madsuni, S.E., secara resmi membuka pelatihan Instruktur Pramuka Trisaka TNI tahun 2020, bertempat di Aula Sarbini Taman Wiladatika Cibubur, Jakarta Timur, Senin (16/11/2020).

Kegiatan pelatihan Instruktur Pramuka tahun 2020 ini diikuti 320 peserta yang terdiri dari 130 Saka Wira Kartika (TNI AD), 110 dari Saka Bahari (TNI AL) dan 80 orang dari Saka Dirgantara (TNI AU) akan dilaksanakan selama enam hari terhitung mulai tanggal 16 sampai dengan 21 November 2020. Pelatihan Instruktur ini dibagi menjadi dua gelombang, masing-masing gelombang melaksanakan tiga hari pelatihan di Pusdilklatnas Pramuka Cibubur, hal ini dilaksanakan untuk mentaati protokol kesehatan terkait penyebaran Covid-19.

Dalam sambutannya, Aster Panglima TNI mengingatkan bahwa  pandemi Covid-19 yang telah berdampak luas terhadap seluruh sendi kehidupan masyarakat. “Pandemi Covid-19 telah memberikan ancaman yang sangat serius terhadap keselamatan bangsa dan negara, oleh karenanya masyarakat khususnya generasi muda yang tergabung Gerakan Pramuka harus dapat berperan aktif dalam menghadapi permasalahan Bangsa yang sedang kita hadapi saat ini,” tegasnya.

Aster Panglima TNI memberikan pesan kepada peserta semua dan seluruh rakyat Indonesia, khususnya yang tergabung dalam organisasi Gerakan Pramuka agar mampu bersinergi dengan komponen bangsa lainnya dalam melaksanakan berbagai langkah yang inovatif serta mengkonsolidasikan seluruh potensi dan sumber daya yang ada. “Sebab Pramuka hendaknya dapat memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar, dalam rangka menciptakan kehidupan yang kondusif dan damai demi kepentingan bangsa dan Negara,” harapnya.

Lebih lanjut Mayjen TNI Madsuni mengatakan bahwa upaya TNI dalam membantu pemerintah untuk mewujudkan stabilitas Nasional tersebut salah satunya adalah melaksanakan pembinaan kepada generasi muda melalui gerakan pramuka. “Hal ini telah dilakukan oleh Tri Matra TNI dengan Trisaka Pramukanya yaitu “Saka Wira Kartika” oleh TNI AD, “Saka Bahari” oleh TNI AL dan “Saka Dirgantara” oleh TNI AU,” katanya.

“Kegiatan tersebut merupakan bagian dari pembinaan teritorial TNI yang bertujuan untuk meningkatkan sistem bela negara dan menumbuhkan rasa kecintaan kepada bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ungkapnya.

Di akhir sambutannya, Aster Panglima TNI menyampaikan dilaksanakannya kegiatan Pelatihan Instruktur Pramuka Trisaka TNI TA 2020 ini adalah sebagai wujud komitmen TNI untuk membentuk dan menjadikan instruktur Pramuka yang handal, mandiri dan memiliki visi yang jauh kedepan di seluruh  Kwatir Daerah (Kwarda) dimanapun bertugas. Selanjutnya para Peserta pelatihan akan diberikan bekal Ilmu pengetahuan dan keterampilan sebagai instruktur Pramuka guna kelak dapat menularkan kepada pramuka-pramuka generasi muda di daerah masing-masing.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Aspotdirga, Waaster Kasad, Kadispotmar, Kapusdiklatnas, Sekkwarnas, dan Sekkwarda DKI, serta Andalan Nasional Gerakan Pramuka Bidang Sako Saka.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *