151 Siswa-Siswi SMK Putra Bangsa Salaman Ikut Upacara Pembaretan

MAGELANG,– Danramil 20/Salaman Kapten Inf Suparman menjadi pembina upacara tradisi pembaretan yang di ikuti 151 siswa siswi SMK Putra Bangsa kelas X Tahun ajaran 2019/2020, Jum’at (11/10).

SMK Putra Bangsa di dirikan pada tahun 2008 di bawah naungan Yayasan Pendidkan Pancasila. Dengan tekad kemandirian SMK Putra Bangsa yang berbasic semi militer ini sangat di minati oleh calon siswa-siswi maupun masyarakat sekitar, SMK PB yang menerapkan kedisiplinan sebagai modal utama untuk meraih kesuksesan sehingga SMK Putra Bangsa sering mendapatkan piala maupun tropi di setiap pertandingan/lomba tingkat Kabupaten sampai Nasional.

Setiap ajaran baru SMK PB melakukan acara tradisi pembaretan yang di ikuti siswa-siswi kelas X, kegiatan pembaretan bukan acara seremonial belaka tetapi untuk menumbuhkan jiwa corsa antara senior dan junior, sehingga rasa tanggung jawab pada setiap siswa-siswi ini sudah tertanam sejak mereka diterima.

Tahap demi tahap siswa-siswi mendapat pengarahan, pelatihan PBB, Wawasan Kebangsaan serta Mental Kejuangan. Diharapkan kedepannya lulusan SMK Putra Bangsa ini bermanfaat dilingkuangan mereka tinggal.

Dalam amanatnya Danramil menyampaikan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk membentuk karakter siswa, meningkatkan disiplin dan memupuk semangat untuk belajar.

“Tradisi siraman kembang dalam rangkaian kegiatan pembaretan diharapkan mampu menjadi kebanggan tersendiri bagi siswa karena diperoleh dengan kucuran keringat dan semangat luar biasa” imbuh Danramil.

Senada dengan Danramil, Kuntoro, S.Pd Kepala Sekolah SMK Putra Bangsa mengatakan tradisi pembaretan tersebut bertujuan untuk memupuk jiwa korsa, kekompakan dan semangat nasionalisme sebagai generasi milenial.

“Kegiatan tradisi pembaretan ini sangat positif karena untuk melatih kedisiplinan siswa, untuk itu pihak sekolah akan terus mempertahankan tradisi ini” pungkas Kuntoro.

Acara pembaretan tersebut juga di hadiri dari Kementrian Pendidikan direktorat jendral pendidikan, Ramelan S.Pd,M.Si.(pen0705)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *